Event

2015: 2nd InaHEA ASM & congress in Jakarta

2016: 3rd InaHEA ASM in Yogyakarta

2014: 1st InaHEA ASM & congress in Bandung

2017: 4th InaHEA ASM in Surabaya

2018: 5th InaHEA ASM in Jakarta

2019: 6th InaHEA ASM in Bali

2021: 7th InaHEA BSM in Bandung

TASK FORCE 6 : GLOBAL HEALTH SECURITY & COVID-19

PUTTING PEOPLE AT THE CENTER OF THE HEALTH SYSTEM

aDVANCING HEALTH FINANCING, STRENGTHENING PRIMARYCARE, ENGAGING PUBLIC AND PRIVATE SECTORS

Jakarta, 27 & 28 Juli 2022 – Sebagai co-host dari Task Force 6 (TF6) T20 Indonesia, Ikatan Ekonomi Kesehatan Indonesia (IEKI) atau dikenal juga dengan INAHEA (Indonesian Health Economist Association) bersama dengan United States Agency for International Development (USAID) akan menyelenggarakan webinar yang berjudul: “PUTTING PEOPLE AT THE CENTER OF THE HEALTH SYSTEM: Advancing health financing, strengthening primary care, engaging public and private sectors”. Salah satu Task Force (TF) dalam T20 Indonesia adalah Global Health Security and COVID-19 (Task Force 6/TF-6) yang mencakup 10 (sepuluh) area kebijakan. Webinar ini berfokus pada Area Kebijakan ke-3 yaitu: investment and reform of health systems to guarantee their resilience to achieve Universal Health Coverage (UHC).

Melalui forum webinar ini para pembicara membahas upaya di berbagai negara dalam penguatan layanan kesehatan primer sebagai pintu masuk (gatekeeper) masyarakat untuk mengakses sistem layanan kesehatan nasional memajukan pelayanan kesehatan melalui kerjasama sektor swasta maupun pemerintah. Pandemi global telah mempengaruhi setiap aspek masyarakat baik dari kesehatan, pendidikan, hingga perdagangan internasional. Pada saat yang sama, kesenjangan kapasitas di berbagai negara dalam mengatasi krisis yang masih berlangsung menjadi tantangan dalam menghadapi berbagai masalah dan krisis bersama saat ini. G20 Indonesia mendorong semua negara untuk bekerja sama untuk mencapai pemulihan dunia yang lebih kuat dan berkelanjutan, sesuai dengan tema G20 2022: “Recover Together, Recover Stronger”.

Ada tiga bidang utama dari Presidensi G20 ndonesia, yaitu: (1) arsitektur kesehatan global, (2) transformasi digital dan ekonomi, dan (3) transisi energi. Kolaborasi yang kuat dari para ilmuwan sangat penting untuk mengubah visi menjadi tujuan yang nyata. Think20 (T20) adalah forum think tank global dan para ahli untuk menyajikan analisis komprehensif terkait diskusi yang sedang berlangsung di G20, termasuk menghasilkan ide serta data pendukung pembuatan kebijakan yang konkret dan berkelanjutan. Momentum yang saat ini berjalan yaitu transformasi sistem kesehatan serta presidensi G20 Indonesia memberikan peluang berupa ruang diskusi bersama dengan para pemangku kepentingan terkait sebagai suatu wadah untuk mensintesis ide-ide serta masukan yang dapat turut membangun ketahanan sistem kesehatan.

Dalam forum webinar ini, hari pertama pada tanggal 27 Juli terdiri dari 3 sesi yaitu sebagai berikut:
Sesi 1: Setting the stage: What have been the Key Effects of COVID-19 dengan Moderator Bapak Ede Surya Darmawan sebagai ketua Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Ibu Diah S. Saminarsih sebagai Narasumber sebagai perwakilan dari World Health Organization (WHO) Indonesia.
Sesi 2: Key lessons around public financing of health care during the pandemic and beyond- towards creating a resilient health system dengan Moderator Lluis Vinals Torres sebagai Regional Advisor on Health Financing and Service Delivery for WPRO, World Health Organization, dengan Narasumber yaitu Ibu Prastuti Soewondo sebagai Staf Khusus Menteri Kesehatan RI dan Ruchir Agarwal sebagai Kepala IMF Global Health and Pandemic Response Task Force, and the IMF lead on the Secretariat of the Multilateral Leaders Task Force on COVID-19.

Sesi 3: Zooming in on Building Resilient Primary Health Care dengan Moderator Jack Langenbrunner sebagai perwakilan dari United States Agency for International Development (USAID), dengan narasumber Kara Hanson sebagai Professor of Health System Economics, London School of Hygiene and Tropical Medicine, and Chair Lancet Global Health Commission on Financing PHC, Yuli Farianti sebagai Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan (Pusjak PDK) Kementerian Kesehatan RI, dan Urban Weber sebagai Director High Impact Asia, Global Fund.

Hari kedua pada tanggal 28 Juli 2022 terdiri dari 2 sesi yaitu sebagai berikut:
Sesi 1: Role of the Private Sector towards a resilient health system? Lessons from COVID Pandemic and beyond dengan Moderator Krishna Reddy Nallamalla sebagai Country Director at ACCESS Health International, dengan Narasumber Ibu Diah S. Saminarsih sebagai Founder and President of the Board of Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI), Ayako Inagaki sebagai Director of South East Asia Department, Human and Social Development Division, Asian Development Bank, Ties Kroezen sebagai Venture Manager Connected Primary Care Solutions, dan Raghuram Rao sebagai Joint Director (TB), Central TB Division, Ministry of Health & Family Welfare, India.
Sesi 2: T20-TF6 Policy-Brief Draft Presentations dengan Moderator Bapak Ery Setiawan sebagai perwakilan dari Indonesian Health Economics Association (INAHEA), dengan Narasumber Bapak Abdillah Ahsan sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Monika Herder sebagai Program Manager Joep Lange Institute.

Webinar Series 2020

Event 2022